Selasa, 22 Juni 2010

Profil Shafdhan


Shafdhan, duo nasyid Manajemen MH Fm Solo yang berkonsep Elektonashid atau bisa dikatakan konsep modern yang diterapkan dalam dunia pernasyidan saat ini. Modern di sini mengandung arti yaitu pemanfaatan teknologi yang digunakan dalam penggarapan musik di Shafdhan. Sehingga tidak sama sekali menggunakan alat musik pada umumnya, namun total menggunakan sebuah music program yang terdapat dalam sebuah software computer.

Shafdhan berdiri 14 Februari 2010 dengan digawangi oleh Hijjar Shafara dan Zulfan Ramadhan yang kemudian nama belakangnya digunakan sebagai nama grup nasyid Shafdhan, kependekan dari Shafara dan Ramadhan. Dan nama itupun adalah nama siar yang digunakan Hijjar dan Zulfan di radio Manajemen Hati 92,1 FM yang juga menjadi tempat bernaung Shafdhan.

Secara filosofis arti nama Shafdhan dapat dipecah menjadi 2 kata Shafara yang berarti perjalanan, Ramadhan berarti Bulan suci yang selalu kita nanti. Dengan demikian dalam perjalan waktu untuk menuju bulan yang dirindukan Umat Islam tersebut kita selalu termotivasi untuk memperbaiki diri, dan Shafdhan menjadi bagian dalam mensyiarkan Islam melalui senandungnya yang menyejukan Hati.

Visi & Misi :

Nasyid hanyalah salah satu bagian dari rangkaian dakwah lewat seni dan sama besarnya dengan bentuk dakwah lainnya. ShafDhan dalam sudut pandang ini, bervisi mempersembahkan karya indah, mengajak masyarakat untuk menghidupkan senandung dakwah, dan menyerukan muhassabah.

Misi ShafDhan dalam bernasyid adalah berupaya membawakan senandung yang sesuai dengan vokal keislaman, dengan lirik dan nada yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diterima oleh semua kalangan, sesuai dengan sifat islami dari sebuah senandung dakwah itu sendiri.

Sebagai Pelantun Lirik Islami, ShafDhan mencoba menghadirkan karakter khas dalam setiap vocal maupun lirik dan bait, sehingga senandungnya menjadi lebih modern, easy listening bila didengar dan dinyanyikan. Dengan banyaknya variasi serta warna-warna musik, SyafDhan mengusung karakter nasyid dengan penuh spirit, memperlihatkan keharmonisasian suara, keceriaan, namun tidak meninggalkan sifat mengajak bermuhassabah jiwa maupun raga demi penghambaan terhadap Alloh semata.

Dipertemukan di kabin siaran membuat Duo Shafdhan ingin berkarya juga di dunia Nasyid, terlebih banyak para munsyid ternama yang menjadi inspirasi karena beberapa kali bertemu dan mendampingi acara – acara mereka semisal, Edcoustic, Haris Isa, Alief Ganjar, Fatih, dll bahkan support dari ANN Solopun membuat Duo Shafdhan semakin yakin melangkahkan kaki di dunia Nasyid.

Di studio MH Fm pula Alloh mempertemukan dengan Alim Loop seorang composer music program yang handal yang membuat music Shafdhan sangat harmonis, easy listening namun tetap energik. Sehingga sangat pas disimak oleh semua kalangan usia bahkan kondisi hati pendengarnya.

2 Single yang tengah disiapkan ialah
1.Pertama dan Terakhir
2.Ikhtiyar

Yang keduanya pernah ditampilkan dalam Islamic Book Fair 2010, dimana event tersebut adalah penampilan pertama Shafdhan di depan publik.

Harapan ke depan bagi Duo Shafdhan ialah selalu berkarya dalam menyenandungkan dakwah dan syiar – syiar Islam, alat music ataupun skill bermainnya bukan menjadi kendala untuk berkarya. Karena dengan berkembangnya teknologi saat ini InsyaAlloh dengan niatan yang baik maka akan melahirkan hal-hal yang baik pula..Amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar